Selamat datang di Bimbingan dan Konseling

Dengan berjalannya waktu membuktikan bahwa keberadaan guru Bimbingan dan konseling sangat dirasa oleh sekolah khususnya siswa ,apalagi dengan dukungan IT yang semakin canggih menuntut kesiapan guru BK agar dapat berkiprah sesuai dengan jamannya. Sikap keteladan serta kesabaran dan keikhlasan akan menjadi modal utama dalam keberhasilan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Guru BK bukanlah seorang super power yang bisa segala galanya tetapi dalam keberhasilannya banyak fihak yang membantu dan mendukungnya yaitu semua warga sekolah.

Shertzer dan Stone (1981) mengemukakan bahwa bimbingan (guidance) adalah suatu proses membantu orang-perseorangan untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya (Winkel, 2005: 1). Dalam kerangka ini, maka bimbingan bisa diartikan sebagai proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku (Prayitno, 2004: 99).

Sedangkan konseling (counseling) menurut Mappiare (1984) adalah sebagai serangkaian kegiatan paling pokok dari bimbingan dalam usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus (Winkel, 2005: 35).

Dari dua pengertian di atas saya berpendapat bahwa Bimbingan lebih bersifat membantu secara preventif (menentukan langkah atau mengambil keputusan ke depan untuk menghindari munculnya masalah atau problem), sedangkan konseling merupakan bantuan yang lebih bersifat represif (mengupayakan solusi setelah mengalami masalah atau problem).

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin tak terbendung, maka pelaksanaan bimbingan dan konseling kepada siswa tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Kapan saja dan dimana saja seorang siswa membutuhkan bimbingan dapat dilaksanakan. Hal ini pulalah yang mendorong SMA Dwija Praja Pekalongan harus berbenah diri  agar pelayanan terhadap siswa dapat dilakukan secara prima. Perwujudan Sekolah berbasis Multimedia itulah satu-satunya jalan untuk menuju perubahan sesuai yang dibutuhkan saat ini. Untuk itulah maka Blog Bimbingan dan Konseling SMA Dwija Praja ini hadir.

Kritik dan saran sangat saya butuhkan untuk membuat Blog ini menjadi sarana komunikasi antara pendidik dengan peserta didik, antara sekolah dengan orang tua, masyarakat, dan pemerintah.

Semoga Kehadiran Blog ini ada manfaatnya. Amin.

Satu Tanggapan

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: